Untuk Teman Nata yang mengikuti perkembangan zaman, pastinya sudah tidak asing lagi nih dengan profesi Social Media Specialist. Tapi untuk yang masih awam, ketika ditanya “apa sih yang dikerjakan oleh seorang Social Media Specialist?” mungkin kebanyakan akan menjawab pekerjaannya hanya mengurus media sosial dan hanya sekedar mengupload foto atau video saja. Tapi faktanya seorang Social Media Specialist itu memiliki tanggung jawabnya besar loh untuk mengatur seluruh media sosial perusahaan dan perlu di garis bawahi bahwa pekerjaan dari profesi ini bukan hanya sekedar upload foto atau video di media sosial ya tidak terkecuali di Nata Academy

Nah Teman Nata, pastinya penasaran dan ingin tau lebih banyak mengenai profesi dari Social Media Specialist kan? Pada artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai profesi seorang Social Media Specialist nih. Kita akan bahas dari apa sih Social Media Specialist itu, tugas – tugasnya apa aja, hingga besaran gaji dari profesi si Social Media Specialist.

Social Media Specialist

Social Media Specialist, merupakan profesi yang memiliki tanggung jawab dalam mengatur setiap media sosial yang dimiliki oleh perusahaan. Tidak hanya itu, pekerjaan lain yang harus dijalankan oleh profesi ini adalah membuat content plan. Apa sih Content Plan? Content plan berisi poin-poin seperti :

  • Penempatan content untuk masing-masing sosial media

Seorang Social Media Specialist harus mengentahui bahwa setiap platform media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda, contohnya jenis konten yang ada di Instagram, pasti akan berbeda dengan konten yang ada di TikTok.

  • Pemilihan visual, kata-kata, hingga hashtag yang sesuai

Contohnya membuat caption. Caption akan memengaruhi unggahan di media sosial, apakah akan bisa membangun suasana gambar atau tidak.

  • Proses publikasi di waktu yang tepat untuk menjangkau banyak pengguna

Pada bagian ini, perlunya mengetahui waktu prime time atau jam ideal ketika akan mempublikasikan content kita di media sosial.

Selain itu, seorang social media specialist juga harus pandai dan kreatif untuk membuat brand awareness bagi si perusahaan dan juga mampu meningkatkan engagement di sosial media.

 

Tugas seorang Social Media Specialist

Setelah mengerti tentang apa maksud dari pekerjaan di bidang media sosial yang satu ini, sekarang kita belajar tentang tugas dan tanggungjawab yang harus dilakukan oleh mereka. Apa saja ya tugasnya?

  • Mengembangkan content plan media sosial yang sesuai dan konsisten dengan identitas brand
  • Membuat konten yang memiliki value (konten yang terbaru dan menarik)
  • Berinteraksi dengan para audiens di media sosial
  • Memperkuat hingga memelihara identitas brand dari perusahaan
  • Membuat program dengan para influencer dan datang ke event–event
  • Menggunakan tools analitik, seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights
  • Analisa data metrik dari media sosial serta membuat laporannya
  • Memberikan rekomendasi dan saran untuk strategi social media marketing
  • Update dengan perkembangan tren media sosial
  • Memberikan arahan kepada tim desain terkait visual konten yang sudah ditentukan
  • Mampu membangun jejaring sosial dengan KOL atau Key Opinion Leader

Bisa kaliat lihat sendiri kan, masih ada yang mau bilang tugas seorang Social Media Specialist hanya upload foto dan video aja?

Kisaran Gaji Social Media Specialist

Social media specialist adalah profesi yang banyak perusahaan butuhkan beberapa tahun belakangan. Kebutuhan akan profesi ini juga diprediksi masih akan tinggi hingga beberapa tahun kedepan mengingat media sosial masih akan menjadi media promosi utama dalam bisnis.

Pastinya banyak yang bertanya, dengan tugas – tugas yang sebanyak itu, berapa sih kisaran gaji seorang Social Media Specialist? Indeed, dari hasil survei yang dilakukan oleh tim HRD Bacot mencatat bahwa gaji dari seorang Social Media Specialist di Jakarta rata –  rata dikisaran adalah Rp 7,5 juta per bulan dengan gaji minimum Rp 4,5 juta dan gaji maksimum Rp 11 juta. Tapi angka ini tentu bukanlah patokan final sehingga besaran gaji setiap daerah pastinya berbeda/ Selain itu ada beberapa hal yang menentukan daya tawar profesi satu ini, seperti lokasi kerja, perusahaan yang mempekerjakan, pengalaman, tanggung jawab, serta skill yang kamu miliki.

Nah gimana kalian sudah tau kan gambaran dari profesi Social Media Specialist? Apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang Social Media Specialist? Buat teman Nata yang ingin melatih, memperdalam, atau ingin mempelajari skill dan ilmu baru atau ingin belajar skill untuk menjadi Social Media Specialist, Nata Academy hadir untuk Teman Nata sebagai Lembaga Pelatihan Kerja dengan Jurusan Multimedia Kreatif Produksi. Di Nata Academy ada berbagai kelas pelatihan yang bisa kamu pilih mulai dari kelas Social Media Specialist, Photography & Videography, Fundamental of Digital Marketing, Community Development, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa cek website nataacademy.id atau hubungi kita melalui kontak kita di (+62 21) 563 6816 atau +62 877-3623-0077